Kriteria Menu Sarapan Pagi Yang Sehat

Kriteria Menu Sarapan Pagi Yang Sehat

Kriteria Menu Sarapan Pagi Yang Sehat - Tubuh membutuhkan sarapan sebagai sumber energi untuk kegiatan sehari-hari. Makan cukup di pagi hari tidak akan membuat Anda makan terlalu banyak di sore hari, sangat penting bagi Anda yang ingin menjaga berat badannya.

Orang dewasa yang mengonsumsi menu sarapan yang sehat dapat membantu mengurangi keinginan mereka untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak dan kolesterol tinggi.

Sarapan sangat penting untuk untuk anak karena membantu mereka tumbuh dan berkembang dan lebih fokus pada belajar di sekolah. Karena itu, siapa pun disarankan untuk tidak melewatkan sarapan di pagi hari.

Kriteria Menu Sarapan Pagi Yang Sehat


Doddy Izwardi, direktur Bina Gizi dari Kementerian Kesehatan, menjelaskan bahwa sarapan sehat terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Menu sarapan yang sehat juga harus mengandung buah dan sayuran.

Menurutnya, sarapan yang sehat dapat mendukung aktivitas dan meningkatkan kinerja. Hardiansyah, ketua Asosiasi Makanan Gizi, menambahkan bahwa sarapan harus dibiasakan  sejak kecil dan harus dikonsumsi sebelum jam 9 pagi.

Sesuaikan menu sarapan pagi dengan kebutuhan kalori


Ingat bahwa kebutuhan kalori saat sarapan bervariasi dari orang ke orang, tergantung pada usia dan aktivitas. Namun, porsi sarapan yang baik harus mampu menyerap sekitar 25% dari total asupan kalori per hari, antara 1500 dan 2000 kalori untuk wanita dan antara 2000 dan 2500 kalori untuk pria.

Karena itu, menu sarapan harus disesuaikan dengan kriteria nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sarapan sehat tidak harus selalu mewah dan mahal. Anda dapat mengubah sarapan di pagi hari sesuai dengan selera Anda. Yang paling penting adalah menu sarapan sehat dan mengandung energi, zat pembangun dan zat pengatur, serta menu sarapan sehat yang bisa Anda coba:

  • Telur rebus dan apel.
  • Telur omelet dicampur dengan sayuran dan roti gandum panggang.
  • Jus pisang dicampur dengan susu rendah lemak dan selembar roti gandum utuh.
  • Yogurt rendah lemak dicampur dengan buah-buahan.
  • Sepotong buah segar dicampur dengan yogurt rendah lemak.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai kriteria menu sarapan pagi yang sehat. Menu sarapan pagi tidak perlu mewah dan berharga mahal, yang paling penting adalah menu sarapan pagi harus mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang seimbang. Semoga bermanfaat.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar