5 Cara Alami Menghilangkan Luka Bekas Operasi Caesar

5 Cara Alami Menghilangkan Luka Bekas Operasi Caesar

5 Cara Alami Menghilangkan Luka Bekas Operasi Caesar - Meskipun setiap ibu hamil menginginkan proses melahirkan bayi mereka secara normal, tetapi seringkali karena alasan tertentu, menjalani operasi caesar adalah pilihan yang tak terelakkan.

Operasi caesar yang melibatkan prosedur pembedahan di perut ibu dan rahim untuk mengeluarkan bayi Anda tentu membutuhkan perawatan khusus setelahnya. Sebelum membuka jahitan, ibu harus memperhatikan sejumlah hal untuk mengobati bekas luka untuk mencegah infeksi.
Perawatan operasi caesar

Apa saja yang harus diperhatikan selama prosedur penyembuhan bekas operasi caesar adalah sebagai berikut:

  • Hindari kontak langsung dengan air
  • Bersihkan luka bekas operasi caesar paling sedikit 2 kali sehari. Gunakan tombol cutton yang telah disemprotkan dengan cairan antibiotik untuk membersihkan luka, lalu tutup dengan perban.
  • Latihan berjalan kaki selama 15 menit dapat mencegah sembelit dan pembekuan darah
  • Rajin mengkonsumsi makanan kaya vitamin, protein, mineral dan seng. Selain itu, bagi wanita yang baru-baru saja menjalani operasi caesar, disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks di pagi hari. Ini ditunjukkan untuk mencegah gangguan pada sistem pencernaan yang disebabkan oleh prosedur bedah
  • Kenakan pakaian longgar untuk menghindari iritasi.


Selain membutuhkan perawatan tambahan yang tidak bisa dibilang mudah, alasan lain para ibu menolak untuk menjalani operasi caesar adalah karena operasi Caesar meninggalakan  bekas operasi berupa sayatan yang cukup panjang dan terlihat jelas di daerah perut. Bekas sayatan ini yang dapat mempengaruhi penampila dan mengurangi tingkat kepercayaan diri mereka.

Cara alami menghilangkan luka bekas operasi caesar


Ternyata ada banyak bahan alami di sekitar kita yang bisa digunakan untuk memudarkan atau menghilangkan luka bekas operasi Caesar, yaitu:

1. Lidah Buaya


Selain mengurangi tingkat peradangan di area jahitan sebelumnya, gel lidah buaya juga telah terbukti dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan luka bekas operasi caesar.

Caranya: 

  • Oleskan gel lidah buaya di daerah operasi 
  • Gunakan sekitar 2-3 kali sehari maka dalam waktu singkat, bekas lukanya akan hilang dengan sendirinya.

5 Cara Alami Menghilangkan Luka Bekas Operasi Caesar - lidah buaya

2. Lemon


Telah terbukti bahwa kandungan vitamin C dari lemon mampu menghilangkan berbagai jenis luka, termasuk luka caesar. Dengan rutin menggunakan jus lemon di area bedah lama, Anda akan segera melihat perubahan positif pada luka.

Namun, penggunaan buah ini tidak dianjurkan untuk luka berusia kurang dari 6 bulan. Mengapa Memang, kandungan asam tinggi dari lemon dapat menghambat proses penyembuhan luka.

Caranya: 




  • Oleskan perasan sari lemon di daerah operasi 
  • Gunakan sekitar 2-3 kali sehari maka dalam waktu singkat, bekas lukanya akan hilang dengan sendirinya.
5 Cara Alami Menghilangkan Luka Bekas Operasi Caesar - lemon


3. Madu

Selain melembapkan kulit, madu juga bisa menghilangkan bekas operasi. Anda tidak lagi perlu khawatir akan bekas luka yang terlihat.

Caranya:

  • Oleskan madu di area sekitar luka bekas operasi
  • Biarkan selama beberapa menit
  • Gunakan secara rutin paling sedikit sekali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.


5 Cara Alami Menghilangkan Luka Bekas Operasi Caesar - madu

4. Minyak sayur


Hanya sedikit orang yang tahu bahwa menggunakan minyak herbal dapat meningkatkan produksi kolagen di bawah jaringan kulit, yang memungkinkan bekas luka untuk sembuh lebih cepat.

Dengan memijat lembut area perut dengan minyak sayur, terutama di area bedah lama, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat, seperti melembutkan jaringan parut, merapikan serabut kolagen dan meningkatkan aliran darah di area tersebut.

5 Cara Alami Menghilangkan Luka Bekas Operasi Caesar - minyak sayur

5. Ikan gabus


Makan ikan gabus secara teratur setelah bedah caesar telah mampu mempercepat proses penyembuhan luka. Tidak hanya itu, protein yang terkandung dalam ikan juga baik untuk ibu menyusui karena dapat memicu produksi ASI.

5 Cara Alami Menghilangkan Luka Bekas Operasi Caesar - ikan gabus

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai 5 cara alami menghilangkan luka bekas operasi caesar. Selain menggunakan bahan-bahan di atas, Anda dapat mempercepat proses penyembuhan luka dengan mengonsumsi suplemen vitamin E-kaya.

Vitamin E telah terbukti meningkatkan elastisitas kulit, menetralisir radikal bebas dan menyembunyikan bekas luka. Semoga bermanfaat.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar